Notification

×

Iklan

Iklan

Paguyuban Maluku 1 Rasa Salam Sarane Bersatu kini hadir di Bumi Anoa Sulawesi Tenggara

Thursday, January 21, 2021 | January 21, 2021 WIB Last Updated 2021-03-10T06:17:59Z
    Share
Foto : Ketua DPD M1R SSB Sultra, Hasyim Wabula


KENDARI SULTRA, NEWSKRITIS.COM - Dewan Pimpinan  Daerah (DPD) Maluku Satu Rasa (M1R) yang merangkul seluruh masyarakat Maluku di perantauan dalam satu wadah organisasi, kini hadir di Bumi Anoa Sulawesi Tenggara (Sultra).


Organisasi ini mengusung konsep "Pela Gandong" atau Satu Rasa yang mewujudkan ikatan persaudaraan masyarakat Maluku yang kuat diatas segala perbedaan. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua DPD M1R SSB Sultra, Hasyim Wabula.


"M1R merupakan organisasi masyarakat yang mengusung konsep “Pela Gandong” atau Satu Rasa yang ingin mewujudkan penciptaan lapangan kerja dan meringankan beban masyarakat yang mengalami bencana atau  kesulitan ekonomi, kesehatan, sosial, pendidikan dan masalah-masalah sosial lainnya," ungkapnya, Rabu (20/1/2020).


Hasyim Wabula, kepada Newskritis.com mengatakan, bahwa dirinya dan seluruh pengurus tetap pada prinsip, ialah membangun dan mengawal organisasi M1R SSB Sultra dengan baik dan mengikat tali persaudaraan “Pela Gandong Salam Sarane” secara santun, beradab, beretika dan taat aturan.


Dijelaskannya bahwa “Salam Sarane” mengartikan perbedaan agama yang ada di tanah Maluku, antara Salam yang artinya Muslim dan Sarane artinya Kristen, bisa menyatu padu dalam ikatan tali persaudaraan, satu kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.


“Olehnya itu , M1R SSB Sultra hadir sebagai perekat dalam kemajemukan masyarakat Maluku di Indonesia khususnya di Sultra dengan menjunjung tinggi sikap toleransi antara satu sama lain ,yang santun, beradab, dan beretika sesuai aturan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.


Saat ini sebagai wujud kepedulian kepada korban bencana Gempa Bumi di Sulbar, saat ini DPD M1R membuka Posko bantuan yang bersinergi dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Kendari, DPC (Dewan Pimpinan Cabang) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kota Kendari, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMIP) UHO Kendari, dan organisasi lainya menggalang donasi berupa uang, pakaian, sembako, obat-obatan  untuk korban bencana gempa bumi Sulbar yang bertempat di MTQ.


Laporan  : Adhar. 

Editor      : Adhar.