Notification

×

Iklan

Iklan

GMNI Brebes Tagih Pemkab Terkait Kompensasi Gerakan 2 Hari Dirumah Saja Bagi Pedagang Pasar

Sunday, February 7, 2021 | February 07, 2021 WIB Last Updated 2021-03-10T06:17:11Z
    Share

  

Foto : Pertemuan yang dilakukan DPC GMNI Brebes membahas Gerakan 2 hari dirumah saja yang berdampak pada ditutupnya sejumlah pasar


BREBES JATENG, NEWSKRITIS.COM -  Minggu 7 februari 2021 merupakan hari terakhir pemberlakuan gerakan 2 hari dirumah saja, gerakan yang digadang gadang dapat memutus mata rantai penularan covid 19 ini, relatif berhasil dilakukan di Brebes, masyarakat yang biasanya berjualan setiap hari, hampir semua menutup daganganya. 


"DPC GMNI Brebes dalam waktu 2 hari ini telah melakukan pemantauan dilapangan terkait pemberlakuan gerakan ini, hasilnya memang semua pasar tradisional di Brebes baik di desa maupun pasar induk tutup, nampak juga petugas gabungan yg berjaga-jaga dipasar induk," ujar Jefri Saputro selaku Ketua DPC GMNI Brebes lewat keterangan persnya, Minggu (7/02/2021).


Jefry menambahkan, Pemerintah Kabupaten Brebes telah memberikan respon atas pernyataan sikap tertulis GMNI Brebes kemarin,  terkait kompensasi kepada pedagang pasar yang ditutup selama 2 hari yaitu dengan membebaskan pungutan retribusi.


"Pemkab Brebes melalui Sekda kemarin lewat sambungan telepon merespon pernyataan sikap GMNI Brebes tersebut, menurut Sekda pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan para pihak membahas usulan dari teman-teman GMNI dan hasilnya, menurut Sekda pedagang akan dibebaskan dari retribusi pasar selama 2 hari kedepan," tambah Jefri.


Adapun lanjut Jefri, sebetulnya tuntutan GMNI Brebes terkait pembebasan retribusi pasar adalah sepanjang 50 hari dengan asumsi rata-rata keuntungan pedagang yang bervariatif. Namun dengan 2 hari pembebasan retribusi ini pihaknya turut memberikan apresiasi.

                                                                         

"Harusnya kompensasi ini bisa dijalankan mulai besok senin dan selasa, mengingat besok pedagang pasar sudah mulai berjualan kembali, kami DPC GMNI Brebes besok pagi akan melakukan uji petik dengan menanyakan langsung kepada pedagang di pasar dan apabila ternyata tidak di jalankan, Kami siap menggalang kekuatan dengan para pedagang," tandasnya.


Dari hasil pemantauan Newskritis.com dilapangan, ada sejumlah pasar yang terkena dampak Gerakan 2 hari dirumah saja diantaranya di Pasar Ketanggungan, Pasar Slatri, Pasar Bumiayu dan Pasar Induk Brebes.*


Laporan : Faisal.

Editor     : Adhar.