Notification

×

Iklan

Iklan

Recipe: Delicious Nasi Goreng Jawa

Friday, 9 April 2021 | April 09, 2021 WIB Last Updated 2021-07-19T07:34:18Z
    Share

Nasi Goreng Jawa. Cara membuat nasi goreng Jawa ini terbilang mudah dan gampang. Cukup memadukan bumbu-bumbu dasar khas Nusantara seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai. Nasi goreng jawa identik dengan cita rasa manis dari kecap kedelai.

Nasi Goreng Jawa Nasi Goreng Jawa. nasi•sawi•telur•sosis•garam, kecap manis, dan kaldu jamur•bwg merah•bwg putih Nasi Goreng Jawa. Nasi putih•telur•Ayam suwir•daun prei potong serong kecil•Saos Tomat. Mulai dari nasi goreng biasa, nasi goreng seafood hingga nasi goreng Jawa. You can have Nasi Goreng Jawa using 12 ingredients and 5 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Nasi Goreng Jawa

  1. You need 1 Butir of Telur.
  2. It's 1 Porsi of Nasi Putih.
  3. Prepare 2 of Bawang Putih.
  4. You need 4 of Bawang Merah.
  5. You need 4 of Cabe Rawit.
  6. It's 1 of Pala.
  7. Prepare 1 of Daun Bawang.
  8. It's 1 sdt of Garam.
  9. It's 1/2 sdt of Gula.
  10. It's Secukupnya of Penyedap Rasa Ayam Non MSG.
  11. It's Secukupnya of Kecap Manis.
  12. It's Secukupnya of Kecap Asin.

Kamu juga bisa menambahkan menu tambahan lain saat menyajikan nasi goreng. Nasi goreng Surabaya atau nasi goreng Jawa Timur (JATIM) yang warnanya merah kecokelatan, porsinya besar agak pedas dengan lauk irisan telur dadar dan ayam. Nasi goreng jawa mempunyai rasa yang cukup unik yakni rasa manis dan gurih yang lezat. Untuk menikmati hidangan ini cukup mudah karena banyak pedagang yang menjajakannya.

Nasi Goreng Jawa instructions

  1. Kupas bawang merah, bawang putih lalu dicuci bersih semua bahan beserta cabe dan daun bawang.
  2. Iris daun bawang dan cabe sesuai selera, kemudian geprek pala, bawang merah+bawang putih. Lalu kita tumis sampai tercium harum (lagi coba-coba masak nasgor pakai pala ternyata enak juga hehehe).
  3. Bumbu yang sudah ditumis pinggirkan dahulu, lalu ambil telor dan beri garam sedikit lanjut orak-arik sampai tercacah kecil. Kemudian tumis bersama dengan bumbu, lalu beri garam, gula dan penyedap non msg..
  4. Ambil nasi putih aduk sampai merata, masukkan kecap manis dan kecap asin secukupnya saja. Lalu koreksi rasa, lanjut aduk sampai merata bumbu dan bahan-bahan yang sudah dimasak awal.
  5. Koreksi rasa, dirasa sudah pas siap untuk disajikan.

Nasi goreng jawa berbeda dengan nasi goreng lainnya. Hal yang membedakannya adalah kreasi bumbu dan bahan yang di gunakan dalam membuat nasi goreng jawa. Nasi goreng merupakan makanan khas Indonesia yang bahkan sudah diakui dunia internasional. Setiap daerah memiliki resep nasi goreng yang berbeda - beda, tidak terkecuali daerah jawa. Berbeda dengan nasi goreng oriental yang berwarna terang, nasi goreng khas Jawa berciri khas warna sangat gelap.